heteroculture: Festival Oncor Kalinyamatan 2023 IBX583E46ECC8CCF

Jul 1, 2023

Festival Oncor Kalinyamatan 2023

Pamflet Acara

Kedatangan Hari Raya Idul Adha yang tiba pada hari Kamis tanggal 29 Juni 2023, disambut oleh masyarakat di Desa Bandungrejo Kec. Kalinyamatan Kab. Jepara dengan diadakannya sebuah acara yang dinamakan Festival Oncor Kalinyamatan, sebuah acara yang rutin dilaksanakan setiap malam takbiran menjelang datangnya Idul Adha. Festival Oncor Kalinyamatan 2023 diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Bandungrejo dengan IPNU-IPPNU Bandungrejo selaku panitia penyelenggara acaranya. 

Untuk Festival Oncor Tahun 2023 yang mengambil tema "Melestarikan Budaya Lokal yang Bernuansa Islami" ini diikuti oleh kurang lebih sebanyak 500 orang dari 17 Dukuh yang ada di Bandungrejo, yang semuanya dilakukan secara swadaya dan swadana serta bentuk kegotong royongan warga. Berbagai kreasi bermunculan, mengingat dalam acara ini juga dilakukan penilaian oleh Juri untuk dipilih siapa nanti yang menjadi pemenangnya.

Acara dikemas dalam bentuk karnaval yang diikuti oleh seluruh peserta dengan berbagai atraksi maupun kostum yang ditampilkan. Mayoritas peserta menampilkan replika mushola atau masjid sesuai yang ada di Dukuh masing-masing, replika hewan-hewan yang umum dijadikan sebagai kurban (kerbau, sapi, kambing maupun onta), dan juga ada yang menyelipkan pesan moral dalam barisannya. Misal, ada yang menyampaikan pesan tentang bahayanya judi slot, atau teatrikal tentang azab orang yang suka berbuat jahat kepada tetangganya, dan masih banyak lainnya.

Teatrikal dari Dukuh Gintungan

Festival Oncor dimaksudkan sebagai salah satu sarana untuk syiar Islam ke seluruh lapisan masyarakat warga Bandungrejo maupun masyarakat umum dari luar Bandungrejo yang hadir menyaksikan festival tersebut, karena tidak bisa dipungkiri bahwa Festival Oncor ini sudah menjadi salah satu atraksi budaya bermuatan kearifan lokal bernafaskan Islam yang juga menjadi tujuan wisata atau hiburan bagi khalayak luas.

Selain hadirnya ribuan orang dari berbagai lapisan masyarakat maupun domisili, imbas dari adanya Festival Oncor ini adalah geliat ekonomi yang turut terangkat dengan banyaknya pedagang makanan maupun minuman serta area permainan untuk anak-anak di sepanjang rute yang dilalui arak-arakan karnaval peserta Festival Oncor.

Secara umum acara terselenggara dengan baik dan lancar, tapi sebagaimana banyak gelaran acara yang melibatkan massa yang begitu besar adalah adanya banyak sampah bekas makanan maupun minuman ketika acara sudah selesai. Itu menjadi PR bagi kita semua, tentang betapa pentingnya membuang sampah pada tempatnya.




No comments:

Post a Comment