heteroculture: Mars Keluarga Berencana IBX583E46ECC8CCF

Apr 14, 2023

Mars Keluarga Berencana

 

Kemarin saya menerima ajakan untuk berbagi pengetahuan tentang proses perizinan berusaha kepada sekitar 25an ibu-ibu rumah tangga yang merupakan kader Keluarga Berencana dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP2AKB). Di acara tersebut saya mengajak dua orang teman yang masih cukup muda, generasi milenial-lah, sementara saya sih termasuk generasi post-kelonial, :).

Pada saat acara dimulai, setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Mars Keluarga Berencana.

Melihat saya bisa fasih ikut menyanyikan lagu Mars Keluarga Berencana, dua orang teman saya itu nampak terkejut. Saya bisa melihat raut keterkejutan di wajah mereka itu dari tempat saya berdiri, yang kebetulan posisinya berhadapan dengan mereka. 

Begitu selesai menyanyikan lagu tersebut, saya kirim pesan melalui wasap ke salah satu dari mereka, "Kamu pasti terkejut, melihat saya bisa menyanyikan lagu Mars Keluarga Berencana, ya?"

Langsung dijawab, "Ya, paling njenengan sudah pernah ikut acara ini sebelumnya, jadi tahu lagunya."

Kemudian saya lanjut menjelaskan singkat,"Lagu tersebut itu begitu sering saya dengar sewaktu saya kecil, lewat siaran radio atau mobil penyuluhan Keluarga Berencana".

Singkat cerita, kegiatan di Dinas P2AKB tersebut berjalan lancar dan ternyata para ibu rumah tangga yang menjadi binaan dari Dinas, baik secara sendiri maupun kelompok mempunyai kegiatan usaha yang bisa membantu peningkatan ekonomi keluarga mereka. Salut.


------------


Tentang lagu Mars Keluarga Berencana ini, saya tidak ingat kapan pertama kali mendengarkannya. Tapi seingat saya sejak saya kecil, saya sudah sering mendengar lagu tersebut, baik melalui siaran radio maupun diperdengarkan oleh para penyuluh Keluarga Berencana di sela-sela acara pemutaran film dengan menggunakan layar tancap atau mobil penyuluhan Keluarga Berencana yang keliling dari desa ke desa.

Berdasarkan informasi yang tampil di laman wikipedia, Lagu Keluarga Berencana atau dikenal juga dengan Mars Keluarga Berencana diciptakan oleh Mochtar Embut untuk mensukseskan gerakan KB yang dimulai pada tahun 1970-an. Kala itu pemerintah Indonesia meminta Mochtar Embut, seorang komposer untuk menciptakan lagu yang mudah dikenal dan dihafalkan masyarakat serta enak disenandungkan. Bahkan setelah selesai lagu inipun dijadikan lagu wajib anak-anak sekolah mulai SD.

Di bawah ini adalah lirik lagu Mars Keluarga Berencana, ada yang mau ikut bernyanyi bareng saya? Mari..

Mars Keluarga Berencana
Cipt. Mochtar Embut

Keluarga berencana sudah waktunya
Janganlah diragukan lagi
Keluarga berencana besar maknanya
Untuk hari depan nan jaya

Putra-putri yang sehat cerdas dan kuat
'kan menjadi harapan Bangsa
Ayah ibu bahagia, Rukun raharja
Rumah tangga tenteram sentosa.

No comments:

Post a Comment